9 Aktivitas Seru Berwisata di Kebun Raya Mangrove Surabaya

Berita167 Dilihat
9 Aktivitas Seru Berwisata di Kebun Raya Mangrove Surabaya

Losergeek.org.CO, Jakarta – Surabaya dikenal sebagai Kota Pahlawan, sekaligus tempat yang kental dengan adat hingga pemandangan alam menakjubkan. Salah satunya adalah Wisata Mangrove Surabaya yakni kawasan hutan mangrove yang asri dan hijau dari tumbuhan bakau di sekelilingnya membuat wisata edukasi dan rekreasi ini selalu ramai dikunjungi.

Satu-satu kebun raya Mangrove di Indonesia ini memiliki luas mencapai 34 hektare dengan tiga wilayah utama. Ketiganya meliputi Gunung Anyar 11 hektare, Medokan Sawah 16 hektare, dan Wonorejo 7 hektare. Adapun, ribuan pohon mangrove di Kebun Raya Mangrove Surabaya memiliki 15 spesies yang berbeda dan terdapat 28 jenis burung yang berada disekitarnya.

Wisata Mangrove Surabaya berlokasi di jalan raya Wonorejo Nomor 1, Kecamatan Rungkut, Surabaya. Tempat wisata ini buka setiap hari pukul 08.00 hingga 15.00 dengan harga tiket masuk Rp 25.000 untuk orang dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak. Beragam fasilitas bisa didapatkan dengan melakukan 9 aktivitas seru berwisata di Kebun Raya Mangrove Surabaya berikut ini.

1. Berfoto di Berbagai Spot Foto Instagramable

Memiliki pemandangan yang menakjubkan, Kebun Raya Mangrove Surabaya menyediakan berbagai spot foto instagramable yang bisa dilakukan pengunjung dengan latar keindahan alam memukau.

2. Jogging

Pengunjung yang berniat menikmati pemandangan alam sambil berolahraga, dapat melakukan jogging. Sebab, Kebun Raya Mangrove Surabaya menyediakan jogging track sepanjang 360 meter yang bisa dilakukan dengan gratis.

Kebun Raya Mangrove Surabaya. Foto: Bappedalitbang.surabaya.

3. Naik Perahu  

Aktivitas menyenangkan saat berlibur di Kebun Raya Mangrove Surabaya adalah menaiki perahu. Wisatawan harus membeli tiket terpisah seharga Rp 25.000 setiap orang untuk mengelilingi Kebun Raya Mangrove Surabaya hingga ke pesisir laut selama 30 menit.

4. Naik Wahana Air  

Wahana permainan air biasanya sangat disukai anak-anak seperti bermain sepeda air. Menaiki wahana air ini membutuhkan tiket terpisah yang dapat dibeli seharga Rp 12.000 setiap orang.

5. Piknik  

Melakukan piknik bersama dengan teman dan keluarga memang sangat menyenangkan, pastikan untuk tidak mencemari kawasan hutan Mangrove dengan membawa bungkus plastik makanan dan minuman. Sebab, Kebun Raya Mangrove Surabaya telah menyediakan stand makanan, minuman, dan merchandise. Usahakan membeli ditempat atau membawa sendiri dari rumah menggunakan tumblr dan tempat makan pribadi.

6. Menanam Mangrove  

Iklan

Program penanaman mangrove dapat dijadikan aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan oleh para pelajar, karyawan, maupun umum. Selain itu, ada pula beberapa komunitas dan penggalangan amal yang disalurkan dengan menanam di Kebun Raya Mangrove Surabaya.

7. Melihat Flora dan Fauna 

Kebun Raya Mangrove Surabaya. Foto: Bappedalitbang.surabaya.go.id

Diantara ribuan mangrove terdapat 57 spesies berbeda yang telah diuji BRIN hingga bisa disebut layak sebagai kebun raya tematik mangrove di Indonesia. Selain itu, fauna di Kebun Raya Mangrove Surabaya memiliki 36 jenis berbeda seperti burung, biawak, monyet ekor panjang, kucing mangrove, serangga, dan lainnya.

8. Naik ATV  

ATV atau All-Terrain Vehicle adalah sepeda motor roda empat, dengan desain tinggi dan besar agar dapat dikendarai dalam segala medan. Kendaraan ini biasanya digunakan untuk pertanian atau rekreasi, seperti di Kebun Raya Mangrove Surabaya yang menyediakan naik wahana ATV dengan tarif Rp50.000 setiap orang dengan dua kali putaran.

9. Bersantai di Gazebo

Berkeliling dan melakukan berbagai aktivitas di Kebun Raya Mangrove Surabaya pastinya butuh istirahat. Sebab itulah, fasilitas gazebo disediakan agar pengunjung dapat berkumpul bersama teman dan keluarga, sambil menikmati suasana alam yang indah dan asri dengan duduk santai di beberapa gazebo.

NUR QOMARIYAH

Pilihan Editor: Surabaya Punya Kebun Raya Mangrove, Apa Istimewanya?



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *