KPU DKI Tetapkan 1.818 Daftar Calon Sementara Anggota DPRD

Berita157 Dilihat
KPU DKI Tetapkan 1.818 Daftar Calon Sementara Anggota DPRD

Losergeek.org.CO, Jakarta – Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KPU DKI Jakarta Dody Wijaya mengatakan total ada 1.818 calon anggota DPRD yang terdata dalam Daftar Calon Sementara (DCS). Sementara itu, calon anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPD) DKI sebanyak 25 orang dengan rincian 16 laki-laki dan sembilan perempuan. 

“KPU DKI Jakarta sudah menetapkan jumlah calon anggota DPRD, yaitu sebanyak 1.818 orang,” kata Dody dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 19 Agustus 2023.

KPU DKI akan mengumumkan nama-nama tersebut melalui sejumlah media pada 19-23 Agustus 2023. Ketua KPU DKI Wahyu Dinata menyebut pengumuman DCS dapat dilihat di media cetak dan online, situs https://jakarta.kpu.go.id/, serta Instagram @kpu_dki.  

Dia pun mempersilakan masyarakat mencermati hingga memberi saran sehubungan dengan syarat pencalonan. Misalnya, mengkritisi aspek umur calon, riwayat pendidikan yang harus minimal SMA atau sederajat, sehat jasmani dan rohani.

Kemudian calon anggota DPD dan DPRD DKI harus bebas narkoba, tidak pernah dipidana dengan ancaman hukuman lima tahun atau lebih, serta tak merangkap jabatan sebagai pejabat negara; direksi; komisaris; dan pengawas BUMN atau BUMD. 

Aspek lain yang dapat ditanggapi masyarakat, yakni apakah para calon wakil rakyat ini sudah mengundurkan diri sebagai kepala daerah atau wakil kepala daerah, ASN, TNI, dan Polri, atau badan lain yang bersumber dari keuangan negara. 

Iklan

Menurut Wahyu, tanggapan dari masyarakat dapat disampaikan melalui situs KPU DKI, e-mail [email protected], call center atau WhatsApp 081317293700, atau menyambangi langsung kantor KPU DKI di Jalan Salemba Raya Nomor 15, Jakarta Pusat.

“Penyampaian masukan dan tanggapan terhadap calon sementara disertai dengan bukti identitas diri kepada KPU Provinsi DKI Jakarta,” ucap dia. 

ADVIST KHOIRUNIKMAH 

Pilihan Editor: Ridwan Kamil Sebut Buruknya Udara Jabodetabek 75 Persen karena Transportasi 25 Persen PLTU



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *