KBRI Athena dan KJRI Istanbul Pantau Kebakaran Hutan di Yunani

Losergeek.org.CO, Jakarta – Kementerian Luar Negeri RI memastikan KBRI Athena dan KJRI Istanbul terus memonitor dampak bencana kebakaran hutan di Yunani, yang juga merambah wilayah Turki. Berdasarkan koordinasi dengan otoritas setempat dan kelompok WNI, hingga berita ini diturunkan tidak ada WNI yang menjadi korban bencana kebakaran tersebut, baik di wilayah Yunani maupun Turki.

“Imbauan kepada para WNI telah disampaikan agar mereka meningkatkan kewaspadaan, memonitor dan mengikuti arahan otoritas setempat dan segera menghubungi Perwakilan RI terdekat jika memerlukan bantuan,” demikian keterangan Kementerian Luar Negeri RI, Rabu, 23 Agustus 2023.

Sehari sebelumnya atau pada Selasa, 22 Agustus 2023, sebanyak 18 jenazah ditemukan dalam kondisi terbakar di daerah pedesaan terpencil di selatan desa Avantas di Yunani utara. Lokasi tersebut adalah titik kebakaran hutan yang telah terjadi selama berhari-hari.

“Mengingat tidak ada laporan orang hilang atau warga sekitar yang hilang, kemungkinan mereka adalah orang-orang yang masuk ke negara itu secara ilegal. Hal ini sedang diselidiki,” demikian keterangan pemadam kebakaran Yunani seperti dilansir Reuters.

Wilayah Evros yang lebih luas adalah rute populer bagi para migran yang menyeberangi sungai dengan nama yang sama dari Turki ke Yunani. Tim dari pemadam kebakaran Yunani memastikan pencarian di seluruh area tempat kebakaran terjadi sedang berlangsung.

Juru bicara Pemerinta Yunani Pavlos Marinakis menyampaikan kesedihan terdalam atas kematian 18 orang tersebut. Keberadaan mereka di tengah hutan Dadia telah berakibat fatal.

Mayat lain yang diduga milik seorang migran ditemukan pada Senin, 21 Agustus 2023, di daerah pedesaan sekitar 40 kilometer jauhnya. Menteri Migrasi Dimitris Kairidis mengatakan tragedi ini menegaskan sekali lagi bahaya migrasi ilegal. Dia pun menuduh gembong penyelundup manusia yang menempatkan nyawa para migran dalam bahaya.

Iklan

Eropa Selatan telah dilanda gelombang panas baru dengan suhu mencapai atau melebihi 40 derajat Celcius di beberapa bagian. Kebakaran juga terjadi di Spanyol, Italia, dan Portugal. Kebakaran hutan musim panas di Yunani biasa terjadi tetapi telah diperburuk dalam beberapa tahun terakhir oleh kondisi panas, kering, dan berangin yang tidak biasa yang dikaitkan para ilmuwan dengan perubahan iklim.

Pilihan Editor: Tiga Orang Tewas dalam Kebakaran Hutan Yunani, termasuk Pilot Pemadam Kebakaran

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di Google News, klik di sini.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *